Bersinergi Merestorasi Gambut, BRG dan BLI-KLHK Tanda Tangani Nota Kesepahaman dan PKS

Posted By Rizda 09 May 2017 - 10:29 am

FORDA (Bogor, 08/05/2017)_Dalam rangka bersinergi merestorasi lahan gambut, Senin (08/05/2017), Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan, Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian LHK menandatangani nota kesepahaman pemanfaatan hasil riset BLI di Kampus BLI Gunung Batu, Bogor.

Hal ini diikuti penandatanganan 7 Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Kepala Pokja Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG, Ir. C. Nugroho S. Priyono, M.Sc dengan Sekretaris BLI dan para Kepala Pusat Litbang serta beberapa Kepala Balai Litbang lingkup BLI.

Salah satu PKS tersebut adalah tentang pemantauan, fasilitasi dan koordinasi kerjasama pemanfaatan hasil penelitian, pengembangan dan inovasi lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) untuk mendukung pelaksanaan restorasi lahan gambut.

Selain dengan Pusat Litbang Hutan, BRG juga bekerjasama melaksanakan riset aksi dan pilot project  restorasi lahan gambut dengan Balai Litbang LHK Banjarbaru dan Balai Litbang LHK Palembang.

Dengan Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim, BRG akan bekerjasama melaksanakan riset ekonomi kemasyarakatan di kawasan gambut.

PKS lainnya, arang terpadu, hasil litbang Pusat Litbang Hasil Hutan yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian akan diimplementasikan di lahan gambut berupa Pilot Project. Selain itu, pilot project  budidaya lebah penghasil madu di ekosistem gambut juga dikerjasamakan dengan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan.

Menyambut baik kerjasama tersebut, Deputi Litbang BRG, Dr. Haris Gunawan yakin bahwa restorasi gambut dengan menerapkan hasil-hasil riset merupakan hal konkrit karena merupakan riset aksi.

“Harapannya, bagaimana kita bisa mengerjakan ini agar bisa memberikan dampak bagi masyarakat,” kata Haris yang berharap sebanyak mungkin disain riset melibatkan masyarakat di tingkat tapak.

Senada dengan itu, Kepala BLI, Dr. Henry Bastaman optimis, dengan berbagai hasil riset terkait gambut, BLI bisa berkontribusi dalam merestorasi gambut.

“Terdapat beberapa demplot yang bisa kita tampilkan terkait penelitian gambut yang sudah lama kita lakukan, jadi kami yakin apa-apa yang kami (BLI) lakukan dapat dikembangkan dan diarahkan ke skala implementasi,” kata Henry.

“Tentunya ada yang perlu disesuaikan, ada beberapa harapan yang mungkin belum terpenuhi yang dapat kita lengkapi melalui kerjasama ini,” tambah Henry.

Untuk itu, Henry meminta seluruh jajarannya, khususnya para peneliti untuk betul-betul mencurahkan kepakarannya.

“Ini kesempatan besar bagi Litbang, kalau mau scaling-up, ini jadi tantangan bagi kita semua, kita harus mencurahkan pemikiran kita semua melalui pengalaman panjang kita,” kata Henry.***RH

 

Artikel terkait:

Terkait Hasil Litbang, Kepala BRG dan Tim Beraudiensi dengan BLI

Hasil Litbang Gambut Memadai, BLI Siap Bersinergi dengan Badan Restorasi Gambut

Kepala BRG Apresiasi Keberhasilan Kebun Plasma Nuffah OKI

Demplot Restorasi Lahan Gambut Bekas Terbakar di OKI, Contoh Keberhasilan Penerapan Hasil Litbang 

Kebun Konservasi Plasma Nutfah Kedaton, Model Percontohan Restorasi Gambut 

Menteri LHK, Kunjungi Keberhasilan PLTB dengan Pola Agroforestry di Lahan Gambut 

RePeat: Gerakan Inisiatif Rehabilitasi Lahan Gambut Bekas Terbakar 

BPK Banjarbaru Dukung Restorasi Gambut 

Prof. Gusti M. Hatta Apresiasi RePeat di KHDTK Tumbang Nusa yang Difasilitasi BPK Banjarbaru

Diskusi Restorasi Lahan Gambut 

Kunjungan Kepala P3SEKPI Ke KHDTK Kemampo 

Dukung Program Restorasi Gambut dengan Riset

Pelibatan Masyarakat, Kunci Keberhasilan Restorasi Lahan Basah

Restorasi Hutan Rawa Gambut Dengan Jenis Lokal

Komitmen bersama untuk Restorasi Ekosistem Gambut di Siak melalui Program Pemberdayaan Masyarakat

Gambut: Produksi vs Konservasi

 

Write a comment

Komentar