PLMTH Langka Kelebihan Pelanggan, Masyarakat Periji Berniat Bangun PLMTH Tersendiri

Posted By Rizda 20 April 2017 - 04:20 am

BP2LHK Makassar (Makassar,19/04/2017)_Bertambahnya pelanggan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLMTH) Langka membuat masyarakat RT Periji berniat membangun PLTMH sendiri. Niat ini didukung Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) melalui Project ITTO, BP2LHK Makassar dan pemerintah desa. 

Pada awalnya, PLMTH Langka dirancang untuk memenuhi kebutuhan 51 KK di Dusun Periji. Namun saat ini pengguna berjumlah 86 KK yang tersebar di dua Rukun Tetangga (RT) yaitu RT Langka dan RT Periji. 

Pembangunan PLTMH ini diawali dengan pertemuan peneliti Balai P2LHK Makassar, Ir. Hunggul YSH Nugroho, M.Si bertemu dengan perwakilan masyarakat RT Periji pada 3 s.d 7 April 2017. Ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum lokasi dan menyusun rencana kerja pembangunan PLTMH Periji. 

Dari diskusi dengan masyarakat, diketahui bahwa pemahaman masyarakat tentang PLTMH masih sangat terbatas. Pada saat pembangunan PLTMH tahun 2012, masyarakat tidak cukup dilibatkan dalam proses pembangunan dan tidak ada alih pengetahuan dari pelaksana proyek ke masyarakat sebagai pengelola PLTMH. 

Pada diskusi ini terungkap beberapa pemahaman yang salah tentang PLTMH. Masyarakat beranggapan, daya listrik bisa dihasilkan dengan meningkatkan kapasitas generator tanpa menambah head dan atau debit serta konstruksi mesin. 

Untuk memberikan gambaran pada masyarakat tentang PLTMH yang benar, pada pertemuan ini dilakukan sosialisasi tentang PLTMH baik dari sisi teknis,  sisi ekonomi maupun kepentingan lingkungan.  

Pada sosialisasi ini,Hunggul menjelaskan mengenai perencanaan pembangunan PLTMH, persyaratan teknis, cara mengukur potensi, dan pemahaman ringkas tentang prinsip dasar bangunan PLTMH dan peralatannya. Selain secara verbal, pemberian pemahaman juga dilakukan melalui alat bantu berupa film-film kegiatan pembangunan PLTMH partisipatif di berbagai daerah.

Berdasarkan kesepakatan warga, aliran sungai yang akan dimanfaatkan dalam pembangunan PLMTH Periji adalah Sungai Aret di belakang wilayah pemukiman masyarakat RT Periji.

Dusun Periji adalah salah satu dusun di Desa Sei Dangin, Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dusun Periji dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor melalui perjalanan darat dari Kecamatan Kembayan.***HYS

 

Write a comment

Komentar