BP2LHK Manado Kampanyekan Konservasi Anoa di Indogreen Environment and Forestry Expo 2017

Posted By Rizda 19 April 2017 - 07:34 am

BP2LHK Manado (Jakarta, 17/04/2017)_Balai Peneltian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado kembali mendapat kesempatan untuk mengkampanyekan Konservasi Anoa. Kali ini kampanye tentang penyelamatan satwa endemik Sulawesi dilakukan di 9th Indogreen Environment & Forestry Expo 2017 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Centre.

IndoGreen Environment & Forestry Expo (IEFE) yang berlangsung 13-16 April 2017 merupakan pameran lingkungan hidup dan kehutanan terbesar di Indonesia sejak tahun 2009. Kegiatan ini menjadi tempat promosi, edukasi dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang produk kebijakan yang sudah dilakukan. Selain pameran, juga disajikan acara pendukung seperti seminar, talkshow, pertunjukan seni dan hiburan serta permainan pengetahuan. 

Melalui Badan Litbang dan Inovasi, stand BP2LHK Manado yang aktif berpartisipasi pada pameran ini tergabung dalam stand Kementerian LHK. Materi kampanye konservasi antara lain pendistribusian leaflet, pin dan souvenir tentang Selamatkan Anoa. Selain memamerkan poster Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado, video konservasi “Secercah Harapan Konservasi Anoa di Indonesia Timur tak ketinggalan ditampilkan. 

Dedi Ismawan, pelajar SMA 14 Jakarta bersama beberapa siswa lain yang mengunjungi stand mengatakan sangat senang dengan apa yang disajikan oleh BP2LHK Manado. Menurutnya terobosan baru dengan memperkenalkan video konservasi bisa membuat siswa tidak bosan. 

“Videonya asyik kita jadi nggak bosan nyimak meskipun durasinya agak lama,” kata Dedi. 

Menurut Dedi dan pengunjung lainnya, setelah melihat videonya, mereka yang sebelumnya tidak tahu anoa itu apa jadi tahu. Sehingga tahu harus bagaimana untuk turut serta melestarikan satwa khas Sulawesi ini. 

Kegiatan kampanye konservasi anoa ini mendapat sambutan yang baik, dengan cukup tingginya antusiasme siswa dari berbagai sekolah untuk bertanya seputar anoa dan satwa khas Sulawesi yang dilindungi. 

Indogreen Environment & Forestry Expo 2017 mengusung tema “Indogreen Untuk Kebangkitan Sektor Kehutanan”. Dalam sambutannya, Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM, mengatakan bahwa pameran ini juga menampilkan potensi sumber daya hutan dan pemanfaatannya dari hulu hingga ke hilir. 

“Ini merupakan momentum yang tepat untuk mempererat kesatuan langkah institusi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan yang telah bergabung menjadi KLHK,” kata Bambang.***MF

 

Write a comment

Komentar