Press Tour Badan Litbang dan Inovasi - KLHK

Posted By Rizda 19 April 2017 - 06:25 am

BLI-KLHK (Bogor, 19/04/2017)_Untuk mengkomunikasikan hasil-hasil capaian litbang kepada publik melalui media cetak maupun elektronik, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) - KLHK mengadakan Press Tour ke Yogyakarta, Rabu-Kamis, 19-20 April 2017.

Sekretaris BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si selaku penanggung jawab menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat diseminasi yang telah dilakukan selama ini, baik melalui website, media sosial, seminar, ekspose, pameran, alih teknologi, dan diskusi ilmiah serta bedah buku.

“Kita berharap, melalui kegiatan press tour ini, inovasi-inovasi litbang LHK dapat disebarluaskan oleh media untuk kepentingan masyarakat luas,” kata Sylvana.

Menggunakan kereta PT. Kereta Api Indonesia, perjalanan menuju Yogyakarta diisi dengan paparan hasil litbang dan diskusi. Kepada 10 wartawan dari 8 media cetak dan elektronik, Puslitbang Hutan sebagai narasumber memaparkan tentang kombinasi murbei dan hibrid ulat sutera unggul yang mampu meningkatkan produktivitas sutera alam. Narasumber lainnya, Puslitbang Hasil Hutan memaparkan tentang arang terpadu yang mampu mengubah limbah hasil hutan menjadi rupiah.

Di Yogyakarta, bersama wartawan lokal, wartawan dari Jakarta mendengarkan paparan hasil litbang Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH), salah satu unit kerja BLI di Yogyakarta. Para peneliti memaparkan “Forensik DNA: Salah Satu Metode untuk Menekan Perdagangan Ilegal Kayu dan Hewan Dilindungi” dan “Litbang LHK Hasilkan Bibit Unggul Sengon Toleran Karat Tumor”.

Sebagai simbol bahwa media berperan serta dalam penghijauan, pada kesempatan ini, wartawan juga melakukan penanaman pohon berbagai jenis tanaman lokal yang termasuk langka. Jenis pohon yang ditanam di areal kantor B2P2BPTH tersebut, yaitu timoho, kemenyan, jambu dersono mawar, dewandaru, sawo bludru, nam-nam, duwet hitam, mundu, pronojiwo dan nogosari.

Selanjutnya, untuk melihat langsung hasil litbang, wartawan diajak mengunjungi Hutan Penelitian Gunung Kidul. Kepada wartawan diperkenalkan Plot Kayu Putih di petak 95 Paliyan dan penyulingan kayu putih Watusipat (KPH Jogjakarta). Untuk diketahui, benih unggul kayu putih hasil pemuliaan B2P2BPTH di Paliyan telah terbukti meningkatkan  kadar 1,8 cineole dan rendemen minyak kayu putih.

Bertema “Inovasi BLI Menghasilkan Bibit Unggul”, press tour ini diharapkan menjadi media dalam menyampaikan informasi kepada publik bahwa BLI - KLHK telah berinovasi menghasilkan bibit unggul tanaman hutan. Kepala BLI, para pejabat Eselon 2 lingkup BLI dan peneliti turut mendampingi wartawan selama tour berlangsung.

Sebelumnya, Rabu (08/03/2017) BLI telah mengadakan Jumpa Pers membahas hasil litbang terkait isu terkini di Kampus BLI Bogor. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dengan adanya pemberitaan di berbagai media, baik cetak maupun elektronik.***RH

 

Download materi:

Press Release

Write a comment

Komentar