KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda - 08:56 am, 23. March 2017 - 506 klik

Peringati Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional 2017, Rimbawan Aek Nauli Donor Darah

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, 21/03/2017)_Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah (UTD) Pematang Siantar, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah, Senin (20/03). Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-34 dan Hari Hutan Internasional Tahun 2017 dilaksanakan di Gedung Utama Lantai 1 kantor BP2LHK Aek Nauli.

Bakti sosial donor darah ini menjadi bukti nyata bahwa rimbawan di Aek Nauli sebagai bagian dari Badan Litbang dan Inovasi (BLI) peduli dan berusaha memberikan yang terbaik bagi sesama. Dari kegiatan ini bakti sosial ini terkumpul 31 kantong darah. Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara S.Hut, M.Si berharap darah yang telah terkumpul dapat didistribusikan dan bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya.

Sebelum mendonorkan darahnya, peserta wajib mengisi formulir tentang data-data pribadi pendonor dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Setelah itu, darah dan kondisi tubuh peserta diperiksa oleh petugas PMI. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, menimbang berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin (HB), dan pemeriksaan golongan darah. Ini bertujuan untuk mengetahui darah calon pendonor layak diambil atau tidak.

“Kegiatan ini sudah berjalan baik, sepertiga dari jumlah seluruh pegawai ikut mendonorkan darahnya,” ungkap Pratiara.

Ke depan, Kepala Balai berharap, pegawai yang belum dapat mendonor saat ini dapat melakukan donor darah di lain waktu mengingat perbandingan jumlah kebutuhan akan darah lebih besar dibandingkan stok darah yang ada saat ini.

“Mumpung ada momentum hari bakti rimbawan dan hari hutan internasional ini, kita manfaatkan untuk berbuat suatu kegiatan yang baik dan berguna bagi masyarakat sekitar kita yang membutuhkan,” kata Pratiara menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Sarana Penelitian, Eddy Syahputra Sitepu, SH. juga berharap kegiatan donor darah ini dapat dilaksanakan secara rutin mengingat juga dapat menjaga kesehatan dikarenakan darah bersirkulasi di dalam tubuh.

“Kegiatan donor darah ini perlu disosialisasikan ke teman-teman pegawai terkait tujuan dan fungsi donor darah agar ke depannya lebih banyak pegawai yang turut serta,” kata Sitepu.***