Siswa SMK Kehutanan Praktek Lapang di KHDTK Labanan

Posted By Tuti 17 February 2017 - 02:51 am

B2P2EHD (Samarinda, 13/02/2017)_Sebanyak 28 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Samarinda telah diberangkatkan ke Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Labanan dan dipimpin langsung oleh oleh Kepala Balai Besar Litbang Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) untuk praktek lapang, pada hari Senin (13/02).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara B2P2EHD dengan SMK Kehutanan Samarinda nomor: PKS.39/VIII/Lit.7.3/2015 dan S.353/SMKN-1/2015 tentang Kerjasama Pendidikan melalui Pelaksanaan Program Praktek Industri dan Magang.

“Praktek ini merupakan bagian dari kurikulum yang harus dilaksanakan oleh siswa kelas X,”kata Martina Patang, S.Hut, M.Sc., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaaan SMK Kehutanan Samarinda.

Sebelum pemberangkatan, para siswa diberikan pembekalan oleh Tim B2P2EHD di Aula Kampus B2P2EHD, Jum’at (11/02). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan mental dari siswa yang akan mengikuti praktek.

Andriansyah, S.Hut., MP., Peneliti B2P2EHD menyampaikan kekompakan di lapangan sangat diperlukan, tidak boleh menonjolkan diri. “Pintar wajib tapi pintar-pintar lebih baik,”kata Andriansyah.

Sedangkan Prapto Subagio, Staf Seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan (KKP) B2P2EHD yang bertugas sebagai pengelola KHDTK Labanan sekaligus alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Samarinda angkatan 3, menyampaikan di hutan jangan membayangkan yang enak-enak aja, yang penting safety dan bagaimana bertahan dihutan.

“Untuk bertahan di hutan, nanti akan dibimbing oleh pendamping yang kompeten dibidangnya mulai dari bagaimana membuat api, membuat pondok, dan hidup di dalam hutan sebagai rimbawan sejati,”kata Prapto.

Hal senada disampaikan oleh Agung suprianto, Teknisi Litkayasa B2P2EHD, selaku pendamping praktek, bahwa ilmu teknis di lapangan yang nanti diperoleh akan menjadi pengalaman berharga.

Sementara itu, Khuswantoro Akhadi, S.Hut., M.AP., Kepala Seksi KKP B2P2EHD mengingatkan perlu dipersiapkan perlengkapan pribadi terutama obat-obatan pribadi, jaga etika didalam hutan, dan patuhi apa yang dikatakan oleh para pembimbing.

“Rimbawan sejati dimulai dari sini.” Tegasnya sambil menutup kegiatan pembekalan.***KHA.

 

Informasi lebih lanjut:

Balai Besar Litbang Ekosistem Hutan Dipterokarpa

url : http://samarinda.litbang.menlhk.go.id atau  http://www.diptero.or.id

 Jl. A. Wahid Syahrani No. 68, Sempaja, Po. Box. 1206, Samarinda, Kalimantan Timur, Telp. 0541 - 206364, Fax. 0541 – 742298

Write a comment

Komentar