Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Cara Hidup Sehat

Posted By lusi 14 February 2017 - 12:00 am

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Selasa, 14 Februari 2017. Upaya mengatasi permasalahan sampah terus dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melalui pelibatan peran masyarakat termasuk dunia pendidikan. Salah satunya adalah penyelenggaraan kegiatan edukasi pengelolaan sampah oleh KLHK di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (14/02/2017). Sebanyak 1.000 siswa/siswi sekolah dari 18 SD dan SMP di DKI Jakarta berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

 
Dalam kegiatan yang berjudul “Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Cara Hidup Sehat” ini, para peserta dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang pengelolaan sampah, antara lain membangun bank sampah, pelatihan daur ulang sampah sampah plastik, dan proses pembuatan kompos. Selain itu, anak-anak juga belajar memilah sampah dan berkreasi membuat kerajinan dari bahan baku sampah. Seluruh kegiatan ini dikemas secara interaktif dengan metode permainan.
 
“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif anak-anak sekolah dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020, “ ujar Tuti H. Mintarsih, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya.
 
Dalam pembukaan acara, Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa anak-anak merupakan generasi masa depan yang akan menjaga alam negeri Indonesia. “Tiga pesan utama dari saya untuk anak-anak semua yaitu, kita harus bersatu mengurus sampah dengan bergotong royong, dengan mental yang bertanggung jawab, dan mental yang produktif”, kata Siti Nurbaya.
 
“Pengelolaan sampah perlu dilakukan bersama-sama secara sinergis antara masyarakat, pemerintah, pihak swasta dan pengusaha. Perilaku memilah sampah pada tempatnya merupakan bentuk mental yang bertanggung jawab, dan mengolah sampah untuk dimanfaatkan kembali merupakan bentuk mental yang produktif’’, jelas Siti Nurbaya.
 
Hal ini turut diamini oleh Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja Ibu Erni Tjahjo Kumolo. “Anak-anak diharapkan dapat memperhatikan bagaimana cara memilah dan mengolah sampah demi mewujudkan negeri Indonesia yang bersih”, ujar Erni.
 
Acara ini dipandu oleh Duta Lingkungan Hidup, Luisa Andrea Soemitha (Miss Earth) dan turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan pihak swasta. Tidak ketinggalan, hadir menghibur para perserta yaitu penyanyi Nugie yang juga aktif di bidang kampanye lingkungan. Kegiatan ini pun disambut baik oleh para peserta dengan suasana yang gembira. 
 
Pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan meliputi upaya pengurangan dan penanganan sampah, sebagaimana dimanatkan dalam Undang-Undang No. 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Dengan adanya edukasi ini, anak-anak dilatih untuk mengelola sampah dengan prinsip-prinsip 4R (Replace, Reduce, Reuse, Recycle) dalam kehidupan sehari-hari. (***)
 
 
Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081375633330
Write a comment

Komentar