Jaga Kesehatan Anoa dan Tingkatkan Kebersamaan, Tim ABC Manado Kerja Bakti

Posted By Rizda 10 January 2017 - 03:14 pm

BP2LHK Manado (Manado, 10/1/2017)_Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kebersamaan, tim Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado melaksanakan kerja bakti, Jumat pagi (6/1).

“Hari ini kami sengaja secara bersama-sama kerja langsung di kandang. Selain untuk kesehatan dan kesejahteraan Anoa, kegiatan ini juga meningkatkan kebersamaan di tim anoa. Tanpa memandang jabatan, dan gelar pendidikan, semuanya mau turun untuk membersihkan kandang, membuang kotoran Anoa, mencabut rumput dan saya sendiri menikmati mencari rumput di kebun-kebun di sekitar kantor BP2LHK Manado,” kata Anita Mayasari, peneliti Balai Litbang LHK Manado merangkap Manager ABC Manado.

“Kerja bakti seperti ini baik juga agar para peneliti yang bersangkutan lebih mengenal masing-masing karakter dan kesehatan anoa di kandang,” kata drh. Adven menambahkan.

Selain kerja bakti membersihkan kandang dan mencarikan pakan untuk anoa, hari ini juga merupakan hari pertama bekerja bagi keeper anoa yang baru. Terhitung sejak awal tahun ini, pria asal Malang, Jawa Timur yang biasa dipanggil Panut ini bertugas mencari rumput pakan, memberi makan dan mengurus tujuh ekor anoa di ABC.

Gotong royong yang dimulai pukul 8 ini tidak hanya berfokus di dalam kandang, kerja bakti juga dilanjutkan dengan melakukan pembersihan daun-daun kering dan rumput di lingkungan sekitar kandang.

Kegiatan konservasi satwa langka memang perlu dimulai dari hal yang paling kecil, misalnya  menjaga kebersihan kandang. Hal ini sangat penting bagi ABC Manado mengingat keberadaannya yang semakin dikenal masyarakat luas sehingga kerap kali dikunjungi oleh tamu dari berbagai kalangan seperti pejabat, peneliti, akademisi, peminat, serta penggiat konservasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.***MC

 

Write a comment

Komentar