IUFRO INAFOR Joint International Conference 2017

Posted By Tuti 09 January 2017 - 08:39 am

FORDA (Bogor, 09/01/2016)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyelenggarakan kegiatan akbar yaitu IUFO INAFOR Joint International Conference 2017 selama 4 hari, tanggal 24 – 27 Juli 2017 di Yogyakarta, Indonesia.

Kegiatan yang bertemakan “Promoting Sustainable Resources from Plantations for Economic Growth and Community Benefits” merupakan kegiatan gabungan antara IUFRO Working Party 2.08.07 dengan 4th International Conference of Indonesia Forestry Researchers – 2017 (4th INAFOR).

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah pertemuan intensif para peneliti/ilmuwan, praktisi, akademisi, dan pengambil kebijakan baik lokal maupun international untuk berbagi pengalaman dan mempresentasikan hasil-hasil riset terbaru di bidang kehutanan dan lingkungan hidup terkait hutan tanaman.

Disadari bahwa pada tingkat global saat ini, hutan tanaman memegang peranan yang sangat penting bagi masyarakat di dunia, begitu pun di Indonesia. Hutan tanaman ini telah terbukti mampu berkontribusi untuk pengurangan kemiskinan dan keamanan pangan. Tidak mengherankan apabila terdapat kecenderungan meningkatnya luas areal hutan tanaman dengan semakin beragam barang dan jasa yang dihasilkan.

Kegiatan yang dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri KLHK dan diikuti sambutan dari Menteri RISTEKDIKTI dan Kepala LIPI bisa diikuti oleh kurang lebih  600 orang peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kegiatan ini akan menampilkan keynote speaker  dari institusi terkemuka di dunia, seperti IUFRO, CSIRO Australia, Ehime University Jepang, FRIM Malaysia, VAFS Viet Nam, University of Sunshine Coast Australia, CIFOR, UGM, IPB, dsb.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan presentasi oral/poster dari peserta. Presentasi tersebut akan terbagi dalam 6 (enam) sub tema yaitu (1) Plantation management for sustainable production; (2) Diseases and pests; (3) Genetics and breeding; (4) Risk and Mitigation; (5) Forest-based Products for Greener Future,  dan (6) Forests for Community Benefits.

Kegiatan ini juga dimeriahkan berbagai event pameran dan studi lapang. Pameran yang akan diselenggarakan yaitu pameran foto, poster dan hasil litbang. Sedangkan studi lapang terbagi dalam dua periode yaitu Mid conference  trips dan Post conference trip.

Mid conference  trips akan dilaksanakan pada hari ke-3 penyelenggaraan seminar dengan lokasi kebun percobaan acacia, industri penggergajian kayu acacia dan pabrik kayu lapis di Gunung Kidul Yogyakarta. Post conference trip akan dilaksanakan setelah acara seminar dengan lokasi HTI di Riau atau perkebunan acacia dan industri terkait di kabupaten Pacitan Jawa Timur (optional).

Terkait hal tersebut, kami mengundang pembaca untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang menuju hidup lebih baik dengan mendukung perkembangan pembangunan hutan tanaman. Registrasi dapat dilakukan dengan mengunjungi http://www.iufroinafor2017.com atau Email: secretariat@iufroinafor2017.com Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH)  Sleman Yogyakarta 55582 INDONESIA. ***

Write a comment

Komentar