Keberadaan Dokter Hewan untuk Memenuhi Kebutuhan Perawatan dan Pemeliharaan Anoa

Posted By priyo 07 June 2016 - 06:00 pm

BP2LHK Manado (Manado, 7/6/2016)_Kesehatan anoa menjadi salah satu fokus bagi tim Anoa Breeding Centre Manado, terutama kesehatan Anoa “Ana” yang sedang hamil. Untuk memenuhi kebutuhan akan perawatan dan pemeliharaan kesehatan anoa secara intensif, keberadaan dokter hewan yang khusus menangani satwa Anoa perlu diusahakan.

Menjawab kebutuhan tersebut, sejak April 2016, tim Anoa Breeding Centre telah didukung oleh tenaga dokter hewan yang khusus bertugas di Anoa Breeding Centre Manado.  Adalah Drh. Adven T.A.J. Simamora S.kh dokter hewan yang telah bergabung dalam tim Anoa Breeding Centre Manado dan merupakan bentuk kerjasama antara Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado dengan PT. Cargill Indonesia, Sulawesi Utara.

Proses recruitment dokter hewan merupakan bagian dari kesepakatan bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Cargill.  Saat ini dokter hewan cantik lulusan Universitas Udayana Bali ini telah berkomitmen untuk berperan serta secara langsung dalam konservasi anoa di breeding centre.

“Dengan bergabungnya dokter hewan ke dalam tim Anoa Breeding Centre, diharapkan pemeriksaan kesehatan dan monitoring tumbuh kembang anoa dapat lebih efektif dan terukur” Anita Mayasari, Peneliti satwa BP2LHK Manado yang juga anggota tim Anoa Breeding Centre Manado menjelaskan. Saat ini kegiatan sehari-hari dokter hewan di Anoa Breeding Centre adalah melakukan pemeriksaan rutin yang bersifat umum diantaranya pemeriksaan kesehatan anoa dari adanya luka atau cedera, kesehatan pencernaan, penurunan nafsu makan, pemberian vitamin dan supply pakan tambahan.

“Sebagai breeding centre, Anoa Breeding Centre Manado perlu memfokuskan pada pengembangan reproduksi dengan dengan tujuan penambahan jumlah individu melalui proses perkawinan secara alami. Melihat populasi anoa yang sudah berada pada status endangered, maka tim Anoa Breeding Centre sangat memfokuskan pada kegiatan yang menunjang sistem reproduksi seperti pengamatan siklus estrus (birahi) pada anoa betina Dhenok, Rita dan Manis,” Drh. Adven menjelaskan.

Saat ini kesehatan Ana yang sedang hamil menjadi prioritas pertama dalam pemeriksaan dan pengawasan termasuk dalam hal pemberian pakan baik jumlah dan jenis serta melakukan isolasi terhadap Ana untuk membatasi interaksinya dengan pengunjung. Persiapan persalinan Ana telah dipersiapkan dengan cukup baik secara teknis oleh tim, dokter hewan dan keeper dengan pembuatan shelter induk dan anak pasca persalinan.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kesulitan melahirkan (histokia) maka tim juga telah mempersiapkan alat-alat pembedahan dan obat” lanjut Drh. Adven. “Kondisi usia kebuntingan Ana yang diperkirakan sudah dekat waktunya melahirkan, terlihat adanya perubahan tingkah laku misalnya pergerakan yang melambat, lebih malas juga nafsu makan bertambah. Sementara pada perubahan morfologi seperti terlihat perut yang sudah turun, puting yang membesar dan vulva yang juga semakin membesar. Hal ini membuat Ana diperlakukan secara khusus dengan memisahkan dari anoa yang lain untuk mengurangi kemungkinan stress.

Dokter hewan di Anoa Breeding Centre Manado sehari-harinya bekerja dibantu oleh seorang keeper anoa yaitu Johanis Muru yang bertugas  untuk pembersihan dan pemeliharaan kandang, pengambilan dan pemberian pakan serta penanaman tumbuhan pakan di sekitar Anoa Breeding Centre.  “Salah satu kesulitan yang saya hadapi adalah menghandle anoa saat pemeriksaan, pengobatan dan pengambilan sampel-sampel untuk pemeriksaan laboratorium, sehingga saya merasa sangat terbantu dengan adanya keeper Bapak Johanis”  jelas Drh. Adven pada saat sesi wawancara di depan kandang sembari memperagakan pengukuran suhu anoa dengan termometer.

“Saya telah tertarik dengan dunia satwa liar, salah satunya anoa dan saya juga ingin sekali bekerja di lembaga konservasi, hal itulah yang membuat saya menjatuhkan pilihan untuk bergabung di Anoa Breeding Centre Manado.  Harapan saya adalah peningkatan fasilitas kesehatan satwa untuk menunjang breeding centre yang lebih baik,” dokter hewan mengakhiri percakapan. ***(Margaretta Christita).

Editor                : Rinto Hidayat

Fotografer         : Tim Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

                                            

Artikel Terkait :  

Berita FORDA_Gubernur Dukung Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Berita FORDA_Konservasi Anoa, Menyentuh Hati Biologist Rusia

Berita FORDA_BP2LHK Manado Gandeng Mitra dalam Upaya Konservasi Anoa

Kesehatan Anoa “Ana” Menjadi Prioritas Dokter Hewan dan Keeper Anoa

Anoa Breeding Centre Gagasan Konservasi Anoa

 

                           

 

-----------------------------------------------------------------------------------------------

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.bpk-manado.litbang.dephut.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Write a comment

Komentar