Gubernur Baru Sulawesi Utara Dukung Anoa Breeding Centre Manado

Posted By Tuti 04 May 2016 - 06:00 pm

BP2LHK MANADO (Manado, 05/5/2016)_Olly Dondokambey, Gubernur baru Sulawesi Utara,  menyatakan bahwa dirinya mendukung Anoa Breeding Centre Manado sebagai upaya pelestarian Anoa. Hal ini disampaikannya pada saat berkunjung ke Kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jum’at (27/04).

“Saya sangat mendukung upaya upaya pelestarian anoa. Satwa ini dilindungi karena merupakan satwa terancam punah yang hanya terdapat di sulawesi,”kata Olly saat melihat secraa langsung Anoa Breeding Centre

Olly berharap bahwa anak anoa yang sedang dikandung oleh Ana (anoa betina di Anoa Breeding Centre) bisa lahhir dengan selamat, sebgaai tanda  proses konservasi berjalan dengan baik.

Menanggapi hal tersebut, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc, peneliti konservasi anoa BP2LHK Manado, menyatakan bahwa segalanya sesuatu untuk proses kehamilan anoa sudah dipersiapkan dengan baik.

“Manajemen kandang dan pakan sudah kami lakukan dengan baik, dan saat ini sudah didukung oleh dokter hewan untuk dapat menjaga kesehatan induk dan janin serta mempersiapkan proses kelahiran berjalan lancar dan selamat,” tambah Arin.

Sebelumnya, Olly memimpin Apel Siaga dan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulawesi Utara di kantor BP2LHK Manado.

Dalam sambutannya, Olly menyatakan bahwa kebakaran merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi di Sulawesi Utara. Di Bitung khususnya Tangkoko terjadi rawan kebakaran, dimana mengancam satwa-satwa yang dilindungi.

Olly berharap adanya kegiatan apel dan rakor di Sulawesi Utara tersebut dapat menanggulangi permasalah kebakaran hutan dan lahan ini.

“Melalui apel dan rakor ini tindak lanjut penanganan permasalahan hutan akan semakin baik, ada peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia bagi Manggala Agni maupun masyarakat peduli api di daerah, serta terciptanya percepatan penanganan tindak pidana kebakaran hutan dan lahan,” tambahnya.

Pada akhir kunjungan, Kepala BP2LHK Manado, Ir. Muh. Abidin, M.Si memberikan cinderamata berupa buku-buku hasil penelitian yang bermanfaat selain sebagai koleksi juga sebagai informasi dan bahan rujukan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Gubernur sangat senang bahkan sempat menginstruksikan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara agar bisa memperbanyak dan mendistribusikan lebih luas lagi hasil-hasil penelitian. ***(RH)

 

Fotografer      : Hendra Susanto Mokodompit

 

Artikel Terkait :  Gubernur Sulut Apel Siaga di BP2LHK Manado

                           

 

------------------------------------------------------------------------------------

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.bpk-manado.litbang.dephut.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Write a comment

Komentar